Minggu, 11 November 2018

Tips Merawat Suku Cadang Motor Matic

Suku cadang motor – Bagi Anda yang sangat hobi melakukan touring, menjaga dan merawat kualitas mesin adalah nomor satu. Sebab, jika mesin Anda tidak terawat dengan baik, otomatis akan membuat mesin cepat panas dan rusak dimana itu akan menghambat kegiatan touring bersama teman-teman. Khusus bagi motor matic, suku cadang motor tersebut harus sering-sering diperiksa agar tidak terjadi kerusakan yang menahun. Sebab, perawatan motor matic dan motor biasa juga pasti berbeda.

Tips Merawat Suku Cadang Motor Matic

Motor matic memang cenderung lebih mudah dan lebih awet dalam penggunaannya. Namun, jika kita tidak memperhatikan kondisi mesin, motor matic yang sekali rusak akan sulit untuk diperbaiki. Kita harus membongkar keseluruhan rangka dari matic tersebut untuk tahu apa yang terjadi. Oleh karena itu, agar hal ini tidak terjadi kepada Anda, berikut adalah tips merawat suku cadang motor matic:

Ganti oli transmisi CVT

Suku cadang motor matic pertama yang harus dirawat adalah CVT. Ini adalah susunan gigi transmisi dari motor matic agar bisa berjalan. Jika motor matic Anda berbunyi “cit-cit” ketika digas, itu tandanya di dalam CVT sangat kotor dan harus dibersihkan serta diganti dengan oli khusus CVT.

Cek V-belt

Suku cadang motor satu ini biasanya rutin diganti setelah pemakaian sejauh 15 ribu km. Namun, tak jarang pula yang sebelum masanya sudah diganti karena sudah terkikis dan longgar.

Cek aki

Untuk motor matic, pengecekan aki sangat penting karena berfungsi untuk menyalakan starter elektrik serta lampu yang ada di bagian depan dan belakang motor. Jika aki habis atau kering, Anda akan kesulitan karena harus menggunakan starter pedal dengan menurunkan standar tengah terlebih dahulu yang tentunya akan memakan waktu. Jadi, pastikan rutin mengecek aki sebelum mengering.

Cek oil-air box karbu

Usahakan untuk selalu mengecek oil-air box karbu ini secara rutin. Apabila kotak tersebut terisi dengan air dan oli, segera bersihkan agar motor matic kesayangan lebih nyaman dikendarai.

Cek busi motor matic

Meskipun busi terletak sangat jauh dari jangkauan yaitu berada di dalam kerangka bodi matic, jangan jadikan alasan untuk tidak mengeceknya. Sebab, jika tidak mengeceknya secara rutin Anda justru akan kesulitan jika tiba-tiba motor mogok di tengah jalan.

Menjaga serta merawat suku cadang motor matic sangat diperlukan agar motor yang Anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari tidak mengalami hambatan. Bagi yang belum berpengalaman, alangkah baiknya untuk membawanya ke bengkel agar lebih aman dan tidak terjadi kesalahan.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner